Presiden Joko Widodo Pimpin Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2). Rapat dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo.

Dalam arahannya, Presiden mengingatkan sekaligus menginstruksikan agar jika ditemukan titik api sekecil apapun di suatu wilayah, maka pihak terkait harus sesegera mungkin memadamkan titik api tersebut. Sebelum terlanjur membesar. Menurutnya, pemerintah sejatinya memiliki infrastruktur dan instrumen hingga ke tingkat bawah untuk menangani hal itu.

“Kita punya Babinsa, Babinkamtibmas, beritahu mereka. Gubernur, bupati, wali kota, ada kepala desa, beri tahu mereka. Instrumen dan infrastruktur kita ada. Sehingga sekali lagi kalau ada api sekecil apapun segera padamkan, jangan sampai meluas dan sulit diselesaikan,” kata Presiden.

Presiden Jokowi juga meminta jajaran terkait untuk lebih intensif melakukan upaya pencegahan. Seperti penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut oleh Badan Restorasi Gambut, harus terus dilakukan. Ia juga meminta agar ada solusi yang lebih permanen untuk upaya pembakaran hutan dan lahan yang sengaja untuk motif ekonomi.
“Karena laporan yang saya terima, 99 persen kebakaran hutan dan lahan terjadi karena ulah manusia yang disengaja untuk motif ekonomi,” sebut Presiden.

Sumber: FB Prokopim Kubu Raya

Diskominfo Kubu Raya

Read Previous

Kunjungan Pengurus PB NU Di Kediaman Wakil Bupati

Read Next

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo Tekankan Perbaikan Infrastruktur Di Kecamatan Terentang