Sujiwo Himpun Berbagai Etnis di Kepengurusan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalimantan Barat

 

KUBU RAYA, Diskominfo – Wakil Bupati Sujiwo selaku Ketua Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalimantan Barat memimpin pleno kepengurusan KSBN Kalimantan Barat di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, Selasa (3/3/2020 ). KSBN adalah organisasi yang berfungsi mengkoordinasikan seni budaya yang ada di setiap wilayah.

Sebagai mitra pemerintah, KSBN bertujuan mengembangkan, memajukan, dan memperkenalkan seni, budaya, serta kearifan lokal di suatu daerah hingga ke dunia internasional. Sehingga perekonomian di daerah bersangkutan dapat terangkat. Di tingkat pusat, KSBN telah berdiri sejak 10 Februari 2017 dengan ketua umum Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji.

“Setelah pengukuhan nanti kita akan segera menyusun program-program kerja. Tentunya kita berharap keberadaan KSBN di Kalimantan Barat ini betul-betul menjadi penyemangat untuk para pegiat dan pelaku seni dan budaya,” tutur Ketua KSBN Kalimantan Barat Sujiwo dalam sambutannya.

Sujiwo mengatakan Sejak awal dipercaya memimpin Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalbar, memang sudah bertekad untuk menjadikan organisasi ini sebagai perekat dan pemersatu semua etnis yang ada di Kalbar. Misi itu kemudian berulang kali dipaparkannya pada pertemuan dengan pegiat seni dan pimpinan organisasi etnis di Kalbar.

“Tepat pada hari ini, misi yang saya kehendaki akhirnya benar-benar tercapai. Puluhan nama yang akan diajukan ke KSBN Pusat untuk di-SK-kan merupakan representasi dari 22 etnis yang selama ini bermukim di Kalimantan Barat,” katanya.

Bukan tanpa alasan, tujuan menghimpun semua etnis di KSBN adalah untuk mencerminkan bahwa semua etnis yang ada di Kalbar ini dapat disatukan melalui seni dan budaya dan sebagai wadah bagi para seniman dan pegiat seni budaya untuk mengembangkan kreasi dan inovasi di bidang seni dan budaya.

“Total ada 22 etnis yang tergabung di KSBN. Saya suku Jawa, sekretarisnya Melayu, bendaharanya Madura, kemudian ketua hariannya Dayak. Memang sengaja kita bikin begitu karena Kalbar ini kan multietnis dan kaya akan seni budaya,” Ujar Jiwo.(hl)

Sumber: page fb Jiwo dan Prokopim

Diskominfo KKR

Read Previous

Pemkab Kubu Raya Terapkan Sistem Nontunai di 20 Puskesmas

Read Next

Bupati Pimpin Kegiatan Forum Lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah

One Comment

Comments are closed.