Bupati Ajak Pelajar Ikuti Lomba Adzan, Murattal Qur’an dan Menulis Surat Secara Online

Kubu Raya, Diskominfo – Bupati Kubu Raya mengajak para pelajar SD, SMP, SMA dan Sederajat  di Kabupaten Kubu Raya untuk mengikuti  Lomba Adzan untuk Putra , Lomba Murattal Al-Qur’an untuk Putri & Lomba Menulis – Membacakan Surat ke Bupati, tanpa perlu kontak fisik tetap jaga jarak dan tanpa kerumunan dengan memanfaatkan Handphone / Handycam melalui Media Sosial secara lebih baik dan bermanfaat.

“Kepada Anak-anakku semua murid SD, SMP dan SMA sederajat di rumah masing-masing, tak lama lagi pekan depan pak bupati akan adakan Lomba melantunkan Adzan untuk anak laki-laki dan Lomba Baca Al-Qu’ran ayat-ayat pendek (murattal) untuk anak Perempuan & Lomba Menulis Surat ke Bupati Sekalian Membacakan-nya (yang ini terbuka untuk diikuti juga anak-anak dari keluarga non muslim), Semua kegiatan dilakukan anak-anak di rumah masing-masing, jadi tetap jaga jarak dan tak kerumunan rame-rame  karena cukup direkam video nya pakai HP atau handycam saat melantunkan Adzan, baca Al-Qur’an & Membacakan surat yg harus ditulis tangan sendiri  (surat nya cukup difoto saja) isi surat nya tentang apa dan bagaimana ide gagasan atau saran sederhana anak-anakku agar kita semua bisa mencegah dan terhindar dari virus corona yang mewabah sekarang ini, surat nya maksimal cukup 2 halaman buku tulis,” papar Muda di akun Facebook nya, Minggu (05/04/2020).

Adapun Kategori peserta lomba dibagi jadi 4 yakni :
1. SD/MI Kelas 1 – 3
2. SD/MI Kelas 4 – 6
3. SMP/MTs Kelas 7 – 9
4. SMA/Aliyah Kelas 10 – 12

Untuk Lomba Murattal untuk anak putri  pilihan ayatnya sebagai berikut :
1. SD/MI Kelas 1 – 3 : Surah pilihan An-Nas , An-Nashr dan Al-Kafirun
2. SD/MI Kelas 4 – 6 : Surah pilihan Al-Maun, Al-Humazah dan At-Takatsur
3. SMP/MTs Kelas 7 – 9 : Surah pilihan Al-Qariah, Al-Qadr dan At-Tiin
4. SMA/Aliyah Kelas 10 – 12 : Surah pilihan Az-Zalzalah, Al-Adiyat dan Adh-Dhuha.

Persyaratan lomba tersebut antara lain :
1. Belum pernah menjadi peserta pada lomba MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya.
2. Teknis Perekaman atau Pengambilan Video melalui HP atau handycam agar menampakan wajah dari arah depan berjarak minimal 2,5 meter (agar keliatan semua dan suara terdengar jelas).
3. Untuk lomba menulis surat: isi surat nya tentang apa dan bagaimana ide gagasan atau saran sederhana dalam  mencegah dan terhindar dari virus corona yang mewabah sekarang ini.
4. Peserta yang telah menyelesaikan video rekaman nya dapat langsung kontak ke panitia ke nomor:  085390583421 (Ustad Nasutiun Usman) atau ke nomor 081290104034 (Edi Mudianto).

Untuk menyerahkan dan mengirimkan  ke nomor tersebut mulai tanggal 12 April sampai tanggal 30 April 2020, untuk diseleksi oleh dewan juri. Pengumpulan pemenang direncanakan 1 minggu setelah itu. Semua anak-anak yang jadi peserta lomba dan telah mengirim hasil video ke Panitia direncanakan akan diajak berkomunikasi langsung dengan Bupati melalui teleconference (aplikasi zoom) secara bersama yang akan diatur waktu nya oleh panitia.

Hadiah bagi pemenang berupa Tabungan di Bank (Buku Tabungan) langsung atas nama para pemenang nya masing-masing yang akan diserahkan dan diantarkan langsung ke rumah masing-masing pemenang oleh panitia bersama camat dan kades setempat.

“Pokok nye anak-anak siap-siap jak latihan dulu semue ye, tunggu beberapa hari ke depan akan diumumkan lagi oleh panitia dari pak Sekda selaku ketua Korpri sekaligus Ketua LPTQ Kab Kubu Raya.  Ayo anak-anakku semua tunjukkan bakat kemampuan dan potensi terbaikmu dalam masa “Belajar dari Rumah” ini kalian isi dengan kegiatan produktif sekaligus mengajak semua anggota keluarga inti (orang tua, abang, kakak adek) untuk ikut terlibat aktif bersama,” pungkas Muda.(hl)

Sumber: FB Muda Mahendrawan

Diskominfo KKR

Read Previous

Jubir Achmad Yurianto: Mulai Hari Ini Wajib Masker Saat di Luar

Read Next

Muda Apresiasi Antusiasme Peserta Menulis Surat dan Membacakan Secara Daring