Bupati Tegaskan Untuk Memaksimalkan Sensus Secara Online

KUBU RAYA, Diskominfo – Sensus secara online menjadi salah satu terobosan di 2020. Sebelumnya, BPS menggunakan metode manual untuk sensus penduduk, yaitu mendatangi satu keluarga ke keluarga lainnya. Sensus secara Online ini melalui link: https://sensus.bps.go.id/login

Sensus Penduduk 2020 ini terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data: Sensus Penduduk Online (SP Online) dilaksanakan pada 15 Februari – 31 Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) dilaksanakan pada 1-31 Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021.

Didampingi Sekretaris Daerah Yusran Anizam, Bupati Muda Mahendrawan memimpin Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Kubu Raya di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, Rabu (11/3). Dalam arahannya, Bupati Muda menyebut pelaksanaan sensus penduduk sangat penting.

“Karena hasil sensus penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan. Untuk itu, peran serta kita semua merupakan kunci kesuksesan sensus penduduk 2020,” tuturnya menerangkan.

Muda mengatakan bahwa di era digital ini dengan sensus online dapat menyingkat waktu dan ada percepatan yang bisa dilakukan. Dia juga akan  mendorong desa-desa untuk memaksimalkan sensus melalui online dulu, jadi sebelum bulan juli penduduk yang terdata sudah maksimal melalui sensus online.

“Jadi jangan nunggu juli, saat perhitungan manual, dikhawatirkan banyak hambatan-hambatan di lapangan, seperti warga saat didatangi tidak ada di rumah dan lain-lain,” ujar Muda.(hl)

Sumber: Tim IKP Diskominfo Kubu Raya

Diskominfo KKR

Read Previous

Sasar Anak-anak Usia Dini dan Ibu Hamil, Pemkab Kubu Raya Kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)

Read Next

Ayo Sensus