Penyerahan Bantuan Perlengkapan Alat Keselamatan Transportasi Oleh Pemkab Kubu Raya

KUBU RAYA, Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Perhubungan Kabupaten memberikan bantuan perlengkapan peralatan keselamatan kepada pelaku usaha transportasi sungai, danau, dan penyeberangan di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Perlengkapan yang diserahkan di antaranya jaket pelampung, alat pemadam api ringan, dan fire rescue yang didistribusikan ke beberapa kapal khusus, kapal cepat, dan longboat yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Kepala Dinas Perhubungan Odang Prasetyo mengatakan, pemberian bantuan merupakan bentuk dukungan dan kepedulian pemerintah daerah terhadap keselamatan penumpang dan awak kapal. Terlebih mengingat wilayah Kubu Raya yang sebagian besarnya perairan. Di mana transportasi air sangat dominan. Sehingga tingkat keselamatan menjadi perhatian utama.

Ia menuturkan, perlengkapan sarana keselamatan sangat penting sebelum perjalanan dilakukan. Baik transportasi sungai antarkecamatan, pulau, maupun penyeberangan antardermaga.

“Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten kubu Raya dan keseriusan kita untuk selalu mengedepankan keselamatan penumpang dan awak kapal. Sebagai langkah konkret kita untuk menekan dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan pelayaran,” tutur Odang di Dermaga Rasau Jaya, Selasa (10/3/2020).

Dirinya berharap bantuan perlengkapan dapat mengoptimalkan upaya keselamatan pelayaran. Di samping peralatan, dia juga meminta para pelaku usaha transportasi air untuk memperhatikan muatan dan kelaikan jalan alat transportasi yang digunakan.
“Kita harapkan kepada para pelaku usaha transportasi air dan sungai, agar juga memperhatikan kelaikan armada yang digunakan serta muatan. Jangan melebihi kapasitas. Ini harus menjadi perhatian juga bagi para pelaku usaha. Kita akan terus melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha transportasi air dan sungai di Kubu Raya,” katanya.

Sumber: Delik Kalbar

Diskominfo KKR

Read Previous

Ayo Sensus

Read Next

Wisuda 220 Lulusan Akademi Paradigta, Bupati Harap Para Wisudawati Aktif Dalam Proses Pembangunan