Pemkab Sambas Studi Banding ke Kubu Raya terkait Penerapan Siskeudes Online dan CMS Non Tunai Desa


Posted by Admin Bidang E-Gov - 14 Sep 2021 14:19

Sungai Raya - Sejak tahun 2020 lalu, Pemerintah Kubu Raya telah menjadi kabupaten pertama di Kalimantan Barat yang menerapkan pengelolaan keuangan desa berbasis nontunai. Dengan mengimplementasikan CMS (Cash Management System ) non Tunai serta Siskeudes Online, Kabupaten Kubu Raya berhasil meraih penghargaan Kabupaten tercepat di Provinsi Kalbar Pencairan Dana Desa Tahun 2020.

Kesuksesan ini menarik minat beberapa kabupaten untuk menerapkan CMS non Tunai pula di daerahnya masing-masing. Salah satunya adalah Kabupaten Sambas yang pada hari ini, Selasa (14/09/2021) melaksanakan konsultasi dan pendampingan terkait penerapan CMS Non Tunai dan Siskeudes Online.

Diwakilkan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bappeda dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sambas, pertemuan ini digelar di Aula DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kubu Raya. Sedangkan dari Kabupaten Kubu Raya selain DPMD juga dihadiri Dinas Kominfo dan Bappeda Kubu Raya.

“Dengan mempelajari penerapan CMS non Tunai dan Siskeudes Online, kami berharap dapat lebih cepat meningkatkan efisiensi pelayanan terhadap 193 (seratus sembilan puluh tiga) Desa yang ada di wilayah Kabupaten Sambas,” kata Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sambas, Edi saat menyampaikan sambutannya.


20 Views


Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya