Pertama di Kalbar, Kampung Literasi Diresmikan Bupati Kubu Raya


Posted by Admin Bidang E-Gov - 31 Oct 2021 13:40

Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mencanangkan program satu dusun satu pojok baca, Sabtu (30/10/2021). Hal tersebut bertepatan dengan dilaunchingnya Kampung Literasi Punggur dan Kampung Digital Gradasi di daerah Kecamatan Sungai Kakap ini.

Ditemui usai melaksanakan tanda tangan digital di Kampong Punggur Kecil, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi inisiasi penggerak bidang pendidikan non formal PKBM Rumah Pintar Punggur.

“Setelah berproses sekian waktu dan menggerakkan masyarakat menjadikan Kampong Punggur ini kampong komprehensif yang terdiri dari berbagai literasi. Seperti literasi kebudayaan, sosial, olahraga, pemberdayaan serta lainnya yang sangat berdampak baik untuk masyarakat,” ucapnya.

Bagian paling penting, kata dia, adalah literasi digital yang dibutuhkan di era disruption untuk berkreasi serta berinovasi bagi kaum muda yang diharapkan mengakses literasi untuk melakukan inovasi dalam upaya membuka lapangan pekerjaan.

“Tentu semuanya harus dikepong secara bersama, dengan keterlibatan semua pihak baik dari kampus, pemerintah provinsi, pemkab, bahkan pemerintah pusat. Agar memperkuat masyarakat dari berbagai sisi kualitas hidup karena dengan tidak tahu menjadi tahu, yang tidak bisa memahami menjadi berkreasi dan berinisiatif. Karena dengan kreasi inilah anak-anak muda menjadi cepat paham,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi menyatakan, dari 20 Kampung Literasi yang ada di nusantara, kampong literasi di Kabupaten Kubu Raya merupakan pertama di Kalimantan Barat. Dirinya berharap dengan energy literasi digital ini menjadi percontohan di Kabupaten/Kota lainnya.

“Sehingga masyarakat Kalimantan Barat sadar betapa pentingnya arti pendidikan,” tegas Sugeng.

Salah satu Ketua Panitia PKBM Rumah Pintar Punggur, Umilia menuturkan pentingnya pendidikan inilah menjadi program unggulan PKBM Rumah Pintar Punggur, yang dimana di setiap wilayah Dusun akan memiliki pojok baca.

“Kami berharap kampong literasi ini dapat membumikan literasi yang ada di Desa Punggur dengan motto Dari Kubu Raya Untuk Indonesia. Kemudian, melalui literasi kita mencoba menggali kreativitas bahan-bahan makanan yang bertujuan menunjang perekonomian masyarakat punggur ini," imbuhnya (irdiansyah/MC KubuRaya)

 

Sumber : infopublik.id


123 Views

Berita Lainnya