Apa itu OTP dan kenapa itu penting bagi sistem transaksi


Posted by Admin Bidang E-Gov - 24 Aug 2021 11:09

Apa itu OTP?

OTP adalah one-time password yang akan dikirimkan melalui email atau SMS sebagai langkah untuk memperkuat autentikasi saat memasukkan ID dan password. Kini, OTP diberlakukan dalam setiap aplikasi terutama aplikasi dompet digital untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal.

Menurut Detik, OTP pertama kali diterapkan oleh salah satu bank di Indonesia untuk mempertebal keamanan ID. Selanjutnya, OTP terus diberlakukan dalam setiap hal dan masyarakat mulai familiar dengan OTP.

Seperti Namanya, OTP hanya bisa sekali digunakan. Hal ini dipercaya bisa mencegah terjadinya tindakan pencurian karena, OTP tidak bisa digunakan 2 kali. Namun, kriminalitas semakin bervariasi dimana, pelaku dapat memanfaatkan korban dalam menyebarkan kode OTP.

 

Karakteristik OTP

OTP memiliki 3 jenis karakteristik yang harus diketahui seperti:

  1. Hanya boleh digunakan satu kali saja
    Seperti Namanya, OTP hanya boleh digunakan sekali saat Anda menggunakan sistem transaksi apapun. Dengan begitu, hal ini berguna untuk mencegah adanya penyadapan kata sandi yang bisa digunakan oleh siapa saja.
  2. Hanya bisa digunakan dalam rentang waktu tertentu
    Biasanya, OTP yang sudah dikeluarkan hanya bisa digunakan dalam rentang waktu tertentu. Sebagai contoh, OTP yang ada pada token hanya bisa digunakan antara 3 hingga 6 menit. Setelah itu, OTP tidak bisa digunakan dan harus diminta lagi.
    Konteksnya sempit
  3. OTP hanya bisa digunakan untuk kepentingan tertentu. Sebagai contoh, OTP pada akun bank hanya bisa digunakan sekali dan pada transaksi yang itu saja. Sehingga, hal ini juga mengurangi resiko terjadinya kecurangan.

 

Sumber : paper.id


115 Views


Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya