Apa Itu URL?


Posted by Admin Bidang E-Gov - 14 Sep 2020 13:45

URL atau singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian situs web yang tertera, berisikan nama folder, protokol bahasa dan sebagainya. URL tidaklah sama dengan domain yang dimana Domain adalah nama situs, sementara URL akan mengarahkan pengguna ke salah satu halaman dalam situs tersebut. Setiap URL berisi nama domain, serta komponen lain yang diperlukan untuk menemukan halaman atau konten tertentu. URL mempunyai peranan penting dalam internet dikarenakan membuat pengakses internet dapat mencari berbagai hal yang diinginkan, serta beberapa fungsi URL lainnya yakni memberi nama dokumen pada website, mengenali dokumen pada website, dan memudahkan pengguna untuk langsung mengakses file di internet dengan alamat yang tepat.

Layaknya sebuah organisasi, URL juga mempunyai struktur yang terbagi atas:

a) Domain
Domain merupakan nama dari situs atau yang menunjukkan alamat situs. Domain terdiri dari dua jenis, gratis dan berbayar. Contoh dari domain berbayar adalah .com, .net, .info. Sedangkan yang gratis contohnya adalah blogger.com

b) Protokol
Protokol adalah bagian terpenting yang memudahkan pembaca untuk membuka tautan tanpa harus menuliskan ulang pada browser. Protokol biasanya disingkat menjadi Hypertext Transfer Protocol (http).

c) Direktori
Direktori adalah sebuah kategori dalam sebuah website yang biasanya diletakkan di akhir domain. Contoh: https://namadomain.com/ini-url-direktori

d) Nama Host Komputer
Bagian terakhir adalah nama host komputer atau yang biasa disebut dengan World Wide Web (www). Namun nama ini tidak harus selalu digunakan. Ada website yang menggunakannya dan ada juga yang tidak.

 

 

Sumber : https://pandi.id/apa-itu-url/


27701 Views

Berita Lainnya